Breaking News

Seo

Manfaat dan Cara Memasang Tag Hreflang di Blog

Manfaat dan Cara Memasang Tag Hreflang di Blog
Salah satu cara meningkatkan kinerja blog adalah dengan menentukan target visitor berdasarkan asal negaranya. Masalahnya adalah jika negara tersebut beda bahasa dengan blog kita sendiri. Tentu kendala bahasa ini menggagalkan target kita. Namun coba deh, baca ulasan kali ini tentang manfaat dan cara memasang tag hreflang di blog, Anda akan tahu solusinya.

Seperti diulas di support.google.com, ternyata raksasa mesin pencari itu menyaranakn penggunakan tag hreflang. Tentunya ini bukan hal yang biasa-biasa saja. Nah, sebelum membedah cara memasang tag hreflang, kenali dulu manfaatnya.

3 Manfaat Besar Tag Hreflang Untuk Blog

-        1. Peningkatan SEO

Manfaat tag hreflang pertama adalah terkait peningkatan SEO blog. Ini karena kode hreflang berfungsi memerintahkan robot perayap untuk menampilkan isi blog kita dengan menyesuaikan bahasa yang digunakan pengunjung berdasarkan alamat IP nya.

Contoh mudahnya, ketika ada pengguna internet yang mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan konten atau judul artikel di blog kita dalam bahasa Inggris misalnya, maka secara otomatis konten atau judul konten dalam blog kita diterjemahkan oleh robot mesin pencari ke dalam bahasa Inggris.

-    2. Meminimalisir Bounce Rate

Penggunaan tag hreflang juga berguna untuk menurunkan nilai bounce rate, yaitu presentase pengunjung yang segera meninggalkan blog kita setelah hanya membuka satu halaman. Ibaratnya mungkin ia tersesat saja mampir akhirnya segera tutup halaman. Karena tag hreflang menerjemahkan konten ke dalam bahasa pengunjung secara otomatis, maka kemungkinan bounce rate bisa menurun.

-        3. Selamat Dari Penalti Google

Penggunaan tag hreflang juga membuat blog kita tidak dideteksi sebagai duplicat content karena kesamaan dengan blog lain. Tahu sendiri kan, kasus konten duplikat sangat berbahaya. Minimal kena penalti, blog tidak diindeks lagi, bahkan kalau numpang di blogspot, bisa-bisa blog pun dihapus. Dengan menambahkan kode tag hreflang maka robot perayap mesin pencari akan menganggap konten dalam blog kita asli.

Cara Memasang Tag Hreflang

Nah, sudah mengerti kan, manfaat tag hreflang? Jadi nggak ada ruginya kalau kita pasang kode tersebut dalam blog kita. Tiga keuntungan di atas akan sangat mungkin kita raih. Jadi tak perlu ragu lagi untuk menyisipkan tag hreflang dalam bog atau website Anda.

Cara memasang kode tag hreflang sangatlah mudah. Sisipkan saja salah satu kode berikut ini di bawah kode header blog Anda, <head>. Salah satu saja ya.

-        <link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

-        <link rel="alternate" href="http://alamat blog" hreflang="x-default" />

-        <link href="data:blog.url " hreflang="x-default" rel="alternate" />

Kode “x-default” boleh diubah ke dengan kode negara yang dijadikan target. Misalnya <link rel=”alternate” expr:href=”data:blog.url” hreflang=”id-US” /> yang akan menerjemahkan konten blog bahasa Indonesia ke Inggris Amerika. Dengan kode ini maka Anda hanya menarget pengujung dari Amerika saja. Adapun kode-kode masing-masing negara di dunia bisa Anda lihat di Wikipedia.

Itulah manfaat dan cara memasang tag hreflang yang juga disebut geo targeting alias menarget pengunjung berdasarkan lokasinya. Cara di atas berlaku untuk blogspot. Bagi pengguna wordpress, penerapan tag geo targeting bisa dilakukan dengan memasang kode di bagian wp-head. Bisa juga dengan cara yang lebih simpel menggunakan plugin Hreflang.

Demikian ulasan tentang manfaat dan cara memasang tag hreflang. Semoga dengan menerapkan tag tersebut dapat meningkatkan nilai SEO dan kunjungan ke blog Anda. Selamat mencoba.

 

Manfaat dan Cara Memasang Tag Hreflang di Blog Reviewed by Andi Leangle on Mei 23, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belajar Seo Dan Link © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.