Breaking News

Seo

Begini Cara Mengatur Permalink Artikel Blogger Agar SEO Friendly

Artikel Seo Friendly dengan Custom Permalink
SeoBlogic.Com - Apa yang sobat lakukan ketika selesai menulis artikel di blog? Ya pasti langsung tekan publish. Mungkin juga dibuat skedul penayangan dahulu. Hanya itu? Pernahkan Anda perhatikan pengaturan permalink artikel blog Anda? Pada tulisan kali ini kami akan coba bahas cara mengatur permalink artikel blogger.

Banyak blogger yang tak menyadari pentingnya permalink artikel. Padahal link artikel juga sangat mendukung agar artikel Anda cepat diangkat ke halaman pertama. Karena itu coba baca dan praktikkan pembahasan penting tentang mengatur permalink blogger kali ini

Manfaat Mengatur Permalink Artikel Untuk SEO

Tujuan utama mengatur permalink sebuah artikel adalah untuk mesin pencari. Sebelum lebih dalam merayapai sebuah blog, mesin pencari lebih dulu mengenali tautan artikel. Cara kerjanya begini, robot pada mesin pencari akan menilai 2-3 kata pokok yang tersemat dalam link/tautan artikel. Dengan 3 kata itu mesin sudah memahami arah dan isi dari url.

Oleh karenanya ketika permalink artikel dibiarkan default maka mesin Google tak akan menangkap isi artikel tersebut sehingga sulit muncul di halaman pertama pencarian. Sudah paham kan pentingnya permalink sebuah artikel? Nah, lanjut ...

Kenapa hanya setting permalink blogger yang dibahas? Karena pengaturan permalink blogger lebih sulit daripada Wordpress. Pada postingan blog berbasis Wordpress, jika ingin mengatur permalink tinggal mengeditnya di bagian bawah judul.

Cara Mengatur Permalink Artikel Blogger/Blogspot

Khusus blogger/blogspot, pengaturan permalinknya berbeda dan agak sulit. Namun sebelum itu akan kita pelajari cara membuat atau memilih permalink terlebih dahulu. 

Pertama kenalilah judul artikel Anda. Pada blogger, begitu sebuah artikel di publish, maka blogger akan otomatis membuat tautan permanen berdasarkan judul artikel tersebut. Namun Anda masih bisa mengatur permalink sebelum mempublis sebuah artikel. Bahkan ternyata Anda pun masih bisa membenahi permalink artikel yang terlanjur di-publish sedangkan permalink-nya tidak SEO Friendly.

Langkah selanjutnya pahami dulu isi artikel Anda membahas tentang apa. Intinya saja lalu simpulkan menjadi 2 atau 3 kata pokok saja. Misalnya artikel berjudul Mencari Laptop Gaming 2017 Terbaik Tapi Murah? 5 Laptop Ini Hanya 6 Jutaan di blog duniateknologi.info. Secara defaut permalink artikel ini menjadi  http://www.duniateknologi.info/2017/10/mencari-laptop-gaming-2017-terbaik-tapi.html. Lihat seperti gambar dibawah ini. Sampai sekarang sengaja tidak saya perbaiki sebagai bukti dan bisa lihat oleh teman-teman dan juga kebetulan saya kadang malas untuk memperbaiki tautan permanen yang ada.



Perhatikan, bahkan blogspot secara otomatis memotong permalink dengan panjang lebih dari 6 kata.
Permalink di atas bisa diperbaiki dengan memperhatikan judul dan isi artikel. Yaitu tentang laptop gaming terbaik dan murah. Sehingga seharusnya permalink-nya yang pas adalah http://www.duniateknologi.info/2017/10/laptop-gaming-terbaik.html. atau ditambah kata “termurah”. Singkat, padat, jelas menggambarkan isi artikel bagi si mesin pencari.

Jika sudah mengerti tentang cara menyimpulkan kata untuk permalink artikel, selanjutnya adalah cara mengatur permalink-nya. 

Ketika selesai menulis dan mengedit artikel, lihatlah di bagian kanan halaman posting terdapat gambar rantai dengan tulisan “Tautan Permanen”. Ada dua pilihan; Tautan Permanen Otomatis dan Tautan Permanen Khusus. Klik Tautan Permanen Khusus, muncul kolom kecil. Isilah kolom tersebut dengan permalink artikel seperti keterangan di atas. Lalu klik Selesai.

Cara Mengatur Permalink Artikel Blogger Yang Sudah Terlanjur Publish

Itu tadi jika sebelum publish. Lalu bagaimana jika terlanjur di-publish dan ingin memperbaiki tautannya? Biasanya ketika artikel yang sudah berstatus publish, maka Tautan Permanen tak ada lagi pilihan seperti ketika masih draft.

Gampang. Kembalikan artikel Anda menjadi draft terlebih dahulu. Klik Kembali ke Draft, maka Tautan Permanen akan memunculkan dua pilihan lagi. Dan tinggal ubah permalink artikel blog sobat. 

Klik Selesai, lalu klik Publish

Gampang bukan cara mengatur permalink artikel blogger yang baru kami bahas? Perbaikan permalink artikel dengan cara menjadikan draft, lalu kembali di-publish tak akan mengubah jumlah tayangan yang sudah didapat artikel tersebut. Selamat mencoba. 
Begini Cara Mengatur Permalink Artikel Blogger Agar SEO Friendly Reviewed by Andi Leangle on Desember 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belajar Seo Dan Link © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.