Breaking News

Seo

8 Langkah Cara Agar Artikel Sukses Tampil Di Halaman Pertama Google



SeoBlogic.Com - Halaman pertama mesin pencari semacam Google adalah ibarat lokasi paling strategis di suatu pasar maha luas. Jutaan situs berebut posisi dengan berbagai cara dan upaya. Langkah optimasi agar artikel tampil di halaman pertama pun banyak dilakukan pemilik situs. Karena tampil di halaman pertama adalah syarat paling utama agar pengunjung mampir ke suatu halaman. Setelah itu tinggal situs tersebut menunggu visitor apakah akan membeli produk, sekedar baca artikel, ataupun klik iklan. 

Artikel sebagai sajian utama sebuah blog ataupun website perlu mendapat perlakuan istimewa. Tak hanya harus ditulis dengan memperhatikan kaidah SEO, namun juga perlu mendapat sentuhan khusus agar bisa terdongkrak ke halaman pertama. Nah, inilah 8 langkahnya.

1.  Beri Multimedia Yang Relevan
Selain gambar berikanlah info grafis yang memudahkan pembaca memahami isi artikel. Dengan begitu mereka akan mudah membagikan informasi tersebut. Jika memungkinkan, tambahkan video pendek. Karena banyak orang lebih suka menonton video ketimbang membaca artikel panjang lebar.

2.  Perhatikan Jumlah Kata Dalam Artikel
Panjang sebuah artikel penting diperhatikan. Tujuannya agar tidak terlalu singkat sehingga kurang informatif, ataupun terlalu panjang sehingga membosankan. Berdasarkan plugin SEO Yoast, minimal jumlah kata yang disarankan adalah 300 kata. Sedangkan paling ideal adalah 900 kata. Pada pembahasan yang memerlukan artikel panjang, harus pandai-pandai menyisipkan multimedia dan info grafis agar pembaca tidak jenuh.

3.  Perkecil Ukuran Gambar Demi Loading Halaman
Gambar memang penting untuk memikat pembaca. Namun jika berlebihan justru akan membuat pemuatan halaman jadi lambat. Maksimal ukuran gambar postingan disarankan 800x600 dan besarnya tak lebih dari 50 KB.

4.   Periksa dan Benahi Kecepatan Muat Halaman Artikel
Halaman sebuah situs yang lambat ketika dibuka tentu akan segera ditinggalkan pengunjung. Agar loading halaman artikel Anda lebih cepat, maka kurangi penggunaan gambar berukuran besar. Kurangi juga widget yang tidak terlalu penting. Periksalah loading halaman blog Anda di Gtmetrix.com. Jika masih memiliki skor merah (C) biasanya ada petunjuk apa yang harus dibenahi.
 
5.   Meta Judul Artikel Yang Pendek Saja Namun Unik
Bandingan dua judul berikut: Cara Melupakan Mantan, dan Cara Melupakan Mantan Dengan Cepat 5 Menit Langsung Minggat. Kira-kira jika Anda berposisi sebagai pembaca akan pilih yang mana?
Nah dalam membuat judul artikel, buatlah yang unik namun tak melebihi 65 karakter. Karena lebih dari itu sisanya tak akan ditampilkan oleh mesin pencari. Namun penulis tak mendukung ataupun menyarankan membuat judul ala clickbait yang ngawur. Itu akan membuat pengunjung memberi rating jelek kepada blog sobat.

6.  Buat Meta Deskripsi Artikel Pendek Namun Mewakili Konten
Setiap kali akan mempublis sebuah artikel, sempatkanlah membuat deskripsi singkat tentang isi artikel tersebut di kolom yang tersedia. Buat deskripi tidak melebihi dari 150 kata. Jangan lupa sisipkan keyword dalam deskripsi. Deskripsi ini akan tampil sebagai snipet/cuplikan di bawah judul yang muncul di halaman mesin pencari. Tentu saja mengundang klik jika deskripsinya menarik.

7.  Sisipkan Tautan Ke Artikel Terkait
Tautan internal/internal link perlu disisipkan untuk mengarahkan pengunjung membuka artikel yang berkaitan dengan yang sedang dibacanya. Namun jangan berlebihan. Cukup satu link saja tiap artikel.

8.  Sisipkan Tautan Eksternal ke Situs Yang Tinggi dan Relevan
Langkah kedelapan ini bukan satu kewajiban. Hanya saja akan membuat artikel Anda berbobot karena menyampaikan referensinya. Sehingga pembaca akan lebih percaya dengan informasi yang dibacanya.

Dengan mengoptimalkan cara membuat artikel tampil di halaman pertama Google semoga saja blog Anda segera melejit. Silakan dipraktikkan dengan seksama. Padukan dengan informasi lain dari pakar SEO agar menjadi kombinasi yang ampuh.
8 Langkah Cara Agar Artikel Sukses Tampil Di Halaman Pertama Google Reviewed by Andi Leangle on Desember 09, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belajar Seo Dan Link © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.