Breaking News

Seo

Masih Ragu Pasang SSL? Ini Kelebihan dan Kekurangan SSL Gratis Untuk Blogger Custom Domain

Masih Ragu Pasang SSL? Ini Kelebihan dan Kekurangan SSL Gratis Untuk Blogger Custom Domain - Kabar gembira fitur SSL gratis dari Google untuk blog-blog yang telah memakai domain sendiri disambut gembira para blogger. Soalnya dulu untuk menampilkan alamat blog dengan ikon gembok hijau harus menggunakan layanan dari Cloudflare. Pasalnya menggunakan layanan dari Cloudflare ternyata cukup sulit. Nah, bagi Anda yang blognya sudah pakai domain sendiri, coba bandingkan kelebihan dan kekurangan SSL gratis ini supaya kian mantap dan tertarik untuk menggunakannya.

Kelebihan SSL Gratis Dari Google

1. SSL Blogger Tidak Perlu Repot Setting DNS

Bandingkan dengan ribetnya jika menggunakan SSL gratis dari Cloudflare. Anda harus setting DNS di dashboard Cloudflare yang lumayan membingungkan. Belum lagi fitur yang disediakan jelas berbeda antara yang gratisan dengan berbayar alias premium.

SSL dari Blogger sangat mudah pengaturannya. Seperti sudah diulas dalam cara mengatur SSL gratis untuk blogger custom domain, yang sangat mudah. Tinggal ke draft.blogger.com, lalu aktifkan pengalihan, selesai. Yang agak repot mungkin hanya ketika mengedit HTML template dan link-link dalam blog. Tetapi ini jauh lebih mudah ketimbang SSL pihak ketiga.

2. SSL Gratis Dari Blogger Langsung Aktif

Setelah mengaktifkan pengalihan SSL, maka hanya perlu 5 menit saja blog langsung aktif dengan url HTTPS. Jika pengaturannya benar, bahkan ikon gembok hijau akan tetap muncul di semua halaman dan postingan blog kita. Kelebihan SSL gratis dari Google ini jelas lebih unggul daripada SSL gratis dari Cloudflare. Untuk pengaktifan SSL dari Cloudflare butuh hingga 24 jam hingga tombol aktifnya keluar.

3. Ikon Gembok Hijau SSL Tetap Muncul

Tak hanya url yang diawali dengan HTTPS, namun SSL gratis dari Google ini akan membuat ikon gembok hijau di awal url tidak hilang. Terutama ketika diakses menggunakan Google Chrome. Sudah maklum bahwa ikon gembok hijau SSL membuat blog kita lebih profesional dan terpercaya bagi pengunjung.

Tetapi hal ini nampaknya hanya jika kita menggunakan domain sendiri. Beda halnya jika blogger Anda memakai sub domain. Yang sudah penulis coba, ternyata HTTPS tetap berjalan namun ikon gembok hijau akan menghilang ketika kita membuka artikel dan halaman-halaman blog.

Kekurangan SSL Gratis Dari Google

1. Iklan Adsense Blank

Kalaupun ada kekurangannya, hingga saat ini hanya ada satu kekurangan terbesar dari SSL gratis Google. Yaitu ketika blog sudah terpasang iklan Adsense, maka iklan akan blank/kosong beberapa menit. Menurut pengalaman hingga 30 menit. Hal ini terjadi karena Google Adsense harus menyiapkan slot baru bagi blog kita yang sudah berganti dengan HTTPS.

2. Template Harus Menggunakan JS Yang Support HTTPS

Kekurangan SSL gratis dari Google yang kedua adalah tuntutan template yang Js-nya sudah mendukung HTTPS. Karena pencampuran HTTP dan HTTPS akan membuat blog dinilai kurang aman.

3. Harus Repot Edit Struktur Postingan

Ini jika blog Anda sudah memiliki banyak postingan yang saling terkait dengan internal link. Tentunya link-link tersebut harus dibenahi dari HTTP menjadi HTTPS.

4. Kemungkinan Visitor Menurun

Karena alamat blog yang agak berbeda maka kemungkinan visitor akan menurun tajam untuk beberapa saat.

Nah itulah perbandingan kelebihan dan kekurangan SSL gratis dari Google untuk blogger custom domain. Secara keseluruhan lebih banyak keuntungan dan kelebihan jika blog Anda menggunakan layanan gratis ini. Soalnya, dengan banyaknya blogger memanfaatkan layanan Google tersebut, makan ke depannya pasti SSL yang masih dalam tahap percobaan ini akan diteruskan ke versi resmi oleh Google. Bukan tidak mungkin jika nantinya untuk pengguna di masa depan, SSL dari Google sudah tidak gratis lagi. Jadi buruan ...

Masih Ragu Pasang SSL? Ini Kelebihan dan Kekurangan SSL Gratis Untuk Blogger Custom Domain Reviewed by Andi Leangle on Maret 15, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belajar Seo Dan Link © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.