Breaking News

Seo

Manfaat dan Cara Mengaktifkan HTTPS Gratis untuk Blogger Custom Domain

Manfaat dan Cara Mengaktifkan HTTPS Gratis untuk Blogger Custom Domain Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat HTTPS untuk sebuah blog? Sudahkah Anda menerapkan HTTPS gratis dari Google untuk Blogger Custom Domain? Sependek yang penulis lihat, masih banyak blogger di blogspot yang belum menerapkan HTTPS untuk blognya yang sudah memakai domain sendiri. Nah, kali ini akan kita bahas manfaat dan cara mengaktifkan HTTPS gratis untuk blogspot custom domain.

Ya, sudah sejak Oktober 2017 Google memberikan Secure Socket Layer (SSL) yang merupakan protokol layer transport untuk mengenkripsi data suatu website jadi lebih aman. Website yang telah mengaktifkan SSL maka dianggap aman oleh Google, dan biasanya ditandai dengan ikon gembok hijau, sedangkan rangkaian tautannya diawali dengan kode https.

Sudah maklum, ketika pemilik blog di Blogpsot/Blogger menggunakan domain sendiri, maka SSL bawaan Blogspot akan langsung hilang. Kita hanya punya pilihan menggunakan SSL gratis dari Cloudflare. Namun cara memasang SSL dari Cloudflare terbilang rumit dan sulit. Untunglah kini Google memberikan solusi yang mantap.

Manfaat dan Pentingnya SSL/HTTPS Bagi Website

Mesin pencari selalu memberikan nilai lebih kepada website yang menggunkan protokol SSL. Sehingga manfaat SSL/https bagi website sangat jelas, yaitu menaikkan nilai keamanan website oleh mesin pencari.

Keamanan yang dimaksud adalah bagi pengguna internet. Sambungan yang terenkripsi dengan SSL terjamin keamanannya bagi mereka. Tak ada kekhawatiran penyadapan informasi penting oleh pihak ketiga ketika website telah terlindungi dengan SSL.

Kekhawatiran pemilik website yang sudah terlanjur memiliki pengunjung tetap dalam jumlah banyak adalah menurunnya trafik ke website-nya. Padahal banyak pula para senior SEO yang menyatakan tak ada masalah tentang trafik jika kita benar dalam pengaturan SSL tersebut. Penurunan trafik hanya terjadi sebentar kemudian kembali normal.

Wal hasil, meskipun tidak 100% SSl melindungi data, namun setidaknya website sudah terlindungi.

Cara Mengaktifkan HTTPS Gratis Untuk Blogger Custom Domain

Untuk sebagian blog, fitur ini bisa langsung diakses dari dashboard blogspot. Pergi ke setelah – dasar – lalu di bagian kanan, pada pengaturan HTTPS akan tersedia pilihan Aktifkan. Namun jika Anda tidak menemukan fitur ini di blog Anda, caranya adalah dengan mengakses blogger melalui link draft.blogger.com. Kalau sudah masuk ke akun Google, ketik saja https://draft.blogger.com/ maka Anda akan dibawa ke dashboard blog Anda dan menemukan fitur tersebut.

Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka dashboard - setelan - dasar - lihat pengaturan HTTPS
  2. Di bagian Ketersediaan HTTPS pilih Ya. Tunggu sekitar 5 menit. Refresh browser Anda.
  3. Beralih ke Pengalihan HTTPS pilih Ya. Selesai
  4. Kini blog Anda sudah bisa diakses dengan url https://www.contrapants.org/. Tapi langkah ini perlu disempurnakan dengan melakukan beberap hal berikut.
  5. Lakukan submit properties ulang ke webmaster, baik Google maupun Bing dengan menggunakan link HTTPS Anda.
  6. Edit semua link lama blog Anda yang masih berupa HTTP, menjadi HTTPS. Caranya, buka edit HTML, gunakan CTRL + F di kolom edit. Cari link blog Anda yang masih HTTP lalu ubah menjadi HTTPS.


Nah, kini blog bisnis Anda yang memakai domain sendiri sudah aktif dengan url https://www.contrapants.org/. Semoga saja dengan tampilan baru pengunjung blog akan lebih mantap mengunjungi blog Anda. Tentunya tutorial cara mengaktifkan HTTPS gratis untuk blogger custom domain ini perlu Anda praktikkan. Soalnya ini gratis, praktis dan ekonomis. Nggak repot pakai layanan dari pihak ketiga seperti clodflare. Selamat mencoba.
Manfaat dan Cara Mengaktifkan HTTPS Gratis untuk Blogger Custom Domain Reviewed by Andi Leangle on Agustus 09, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belajar Seo Dan Link © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.