Breaking News

Seo

Biar Ngeblog Makin Kece, Yuk Pelajari Pengertian, Fungsi dan Contoh Meta Tag

Biar Ngeblog Makin Kece, Yuk Pelajari Pengertian, Fungsi dan Contoh Meta Tag - Membuat situs, blog ataupun website saat ini kian mudah. Namun bukan berarti setiap pemilik blog ataupun situs paham seluk beluk website. Contohnya masalah meta tag. Hal ini diperparah dengan beredarnya isu bahwa Google tidak memperhatikan lagi soal meta tag. Nah, biar lebih paham yuk belajar apa itu pengertian, fungsi dan contoh meta tag.

Mengerti soal meta dan SEO memang perlu, supaya tidak terlalu lugu dalam ngeblog. Bisa-bisa terkecoh dengan tawaran-tawaran jasa yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Oke, kita mulai saja belajarnya.

Pengertian Meta Tag

Meta Tag adalah kode-kode tag HTML yang berguna untuk mengedalikan mesin pencari saat merayapi situs Anda. Dalam meta tag biasanya disisipi keyword (kata kunci) dan deskripsi yang telah dipersiapkan. Dengan meta tag ini maka mesin pencari akan lebih fokus merayapi bagian yang mengandung kata kunci yang ada dalam meta.

Peletakan kode HTML untuk meta tag selalu berada di bagian “head”. Dan ada beragam meta tag dengan fungsinya masing-masing.

Beberapa Contoh Fungsi Meta Tag

Ada banyak macam meta tag yang beredar di kalangan blogger dan ahli SEO. Masing-masing punya fungsi dan kode yang berbeda. Sebagai contoh kali ini saya hadirkan 3 fungsi dan contoh meta tag yang banyak dipakai.

-        Meta Keywords

Meta Keyword (kata kunci) adalah jenis meta yang berfungsi untuk menjelaskan kepada mesin pencari bahwa halaman web memuat informasi seputar kata kunci yang terdapat dalam kode meta tersebut. Saat ini Google mambatasi jumlah kata kunci maksimal 7 kata. Selebihnya akan dianggap spam.
Contoh meta keyword kodenya adalah seperti ini: <meta content=’keyword Websitemu’ name=’keywords’/>
-        
      Meta Robots

Meta robot adalah jenis meta yang berfungsi mengontrol perayapan dan pengindeksan oleh mesin telusur, biasanya Google dan Bing adalah mesin telusur yang diincar sebagai target meta robots. Meskipun sebenarnya meta tag robots ini dianggap tidak perlu, namun masih banyak juga yang memasangnya.

Contoh meta robots: <meta content='index, follow' name='robots'/>
-        
      Meta Description

Meta Description adalah jenis meta yang berfungsi penjelasan singkat tentang website yang bersangkutan. Ini adalah salah satu meta tag yang wajib terpasang dalam sebuah website atau blog. Meta descripstion dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menyisipkan beberapa kata kunci tertarget. Namun yang perlu diingat, tidak boleh ada pengulangan kata kunci dalam deksripsi meta ini.
Contoh Meta Description:
<meta name='description' content=deskripsi singkat dengan penyisipan kata kunci'/>
-        
      Meta Language

Meta language adalah jenis meta tag yang fungsinya untuk memberitahukan kepada mesin pencari tentang bahasa yang digunakan dalam sebuah website. Namun perlu tidaknya kode meta ini semakin dipertanyakan. Bahkan sebagian blogger sudah menganggap bahwa meta ini tak dibutuhkan lagi. Alasanya, Google tentu sanggup mengenali suatu web atau blog itu menggunakan bahasa apa. Sehingga tak perlu lagi memasang meta language ini, kata mereka.

Seperti ini bentuk meta language untuk konten bahasa Indonesia: <meta http-equiv='content-language' content='ID' />

Itulah beberapa poin tentang pengertian, fungsi dan contoh meta tag. Lalu meta tag jenis apa saja yang perlu dipasang di sebuah web? Menurut beberapa sumber meta paling penting dalam blo adalah Meta tag description, Meta tag keywords, dan meta tag robots. Khusus meta tag robots yang masih dipakai adalah jenis yang melarang robot mesin perayap untuk mengakses halaman tertentu. Untuk lebih jelasnya akan kita bahas dalam artikel selanjutnya.
Biar Ngeblog Makin Kece, Yuk Pelajari Pengertian, Fungsi dan Contoh Meta Tag Reviewed by Andi Leangle on April 07, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belajar Seo Dan Link © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.