Breaking News

Seo

Pengertian dan Istilah-Istilah Penting di Google Analytics

Pengertian dan Istilah-Istilah Penting di Google Analytics Google Analytics adalah tool wajib bagi Anda yang memiliki website. Dengan menginstall Google Analytics di website, Anda bisa dengan mudah memantau trafik web.

Namun, bukan sekedar trafik saja yang bisa Anda ketahui. Platform ini juga menyediakan berbagai data soal performa sebuah website. Mulai dari dari mana sumber trafik, data demografi pengunjung, konten populer, dan lain-lain. Kesemua data tersebut bisa Anda jadikan bahan evaluasi konten dan situs web. Misalnya, Anda bisa memutuskan konten mana yang perlu ditulis ulang atau dioptimasi. Plugin apa yang perlu ditambah. Aspek teknis apa yang perlu diperbaiki. Konten atau produk mana yang menarik pengunjung.

Semua hal soal website Anda bisa diketahui lewat Google Analytics. Asal….Anda tahu cara menggunakan Google Analytics. Di artikel ini, Anda akan belajar cara menggunakan Google Analytics. Kami akan menjelaskan pada Anda cara membaca semua data analytics. Setidaknya ada enam jenis data Google Analytics yang perlu Anda tahu:
  1. Realtime;
  2. Demografi pengunjung;
  3. Perilaku pengunjung;
  4. Jumlah trafik;
  5. Sumber trafik;
  6. Kecepatan website;
Sebelum memulai bahasan, pastikan Anda sudah menginstall Google Analytics di website. Jika belum, Anda bisa cek artikel cara memasang Google Analytics di WordPress.
Kalau sudah, mari kita mulai saja membahas cara menggunakan Google Analytics.

Istilah-Istilah Penting di Google Analytics

Sebelum bicara teknis cara menggunakan Google Analytics, ada baiknya Anda belajar istilah-istilahnya lebih dulu. Sebab, Google Analytics memiliki banyak sekali menu dan bagian. Tanpa mengetahui dengan baik beberapa istilah penting, Anda bisa-bisa bingung dan tak menggunakan service ini secara maksimal.
Berikut adalah beberapa istilah penting dalam Google Analytics:
  • Organizations ━ Ketika Anda memiliki banyak produk dan metrik untuk diukur, Organisasi adalah mengelompokkan kesemuanya dalam satu “folder”. Lewat Organization, Anda bisa menggunakan beberapa layanan Google sekaligus seperti Analytics, Tags Manager, dan Optimize. Anda juga bisa mengatur user, akses data, dan integrasi antar-produk.
  • Accounts ━ Ialah akses poin Anda ke layanan Analytics. Anda perlu setidaknya satu akun untuk bisa menggunakan dan memantau metrik dari Google Analytics.
  • Properties ━ Properti merupakan sebutan untuk objek yang metriknya dipantau oleh Analytics. Objek yang dimaksud bisa berupa website, aplikasi ponsel, atau device. Nantinya, Analytics akan mengeluarkan tracking ID khusus untuk tiap properti yang dipantau.
  • Views ━ Sebutan untuk data spesifik yang Anda inginkan dalam sebuah properti. Misalnya, Anda bisa membuat masing-masing view khusus untuk keseluruhan trafik web, trafik AdWords, traffic subdomain, dan sebagainya.
  • Session ━ Interaksi antara user dengan halaman web dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, Google Analytics menghitung interaksi sampai user tidak aktif (tidak melakukan interaksi) selama 30 menit.
  • Bounce rate ━ Persentase atau jumlah pengunjung yang meninggalkan web setelah melihat satu halaman saja.
Pengertian dan Istilah-Istilah Penting di Google Analytics Reviewed by Andi Leangle on April 09, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belajar Seo Dan Link © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.