Breaking News

Seo

Panduan Seo Meningkatkan Peringkat Website

Panduan belar lengkap seo google, navigasi, riset kata kunci, optimasi gambar dalam memahami SEO
SeoBlogic.Com - Sudah baguskah performa website Anda? Sudah baguskah website Anda di search engine?Apa Anda sudah mendapatkan hasil yang memuaskan? Jika Anda belum mendapatkan hasil yang memuaskan mungkin sebaiknya Anda mulai belajar SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan peringkat website Anda.

Jangan biarkan tahun baru 2018 berlalu begitu saja bagi Anda, tanpa kesuksesan yang lebih dari sebelumnya. Meskipun Saya bukan Mastah yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging seperti mastah diluar sana. Karena saya pun menyadari terjun dalam dunia blogging masih baru sekitar 2016 lalu. Ayo kita renungkan bersama-sama dalam pertanyaan yang mungkin sama dalam benak kita.
 Apa Yang Harus Saya Lakukan ? Dalam hal menulis meskipun itu sebenarnya sudah menjadi hobby, namun tidak ada salahnya jika kita manfaatkan tulisan kita untuk sedikit menambah uang sampingan kita siapa tahu bisa sukses seperti blogger sukses di luar sana.
Google saat ini lebih pandai dari sebelumnya dalam menganalisa dan menentukan website yang baik dan berguna buat orang lain. Dulu mungkin kita bisa mengakali google dengan akal-akalan seo untuk meningkatkan peringkat halaman satu google. Meskipun dalam artikel sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana menjadi peringkat satu halaman google; melalui kajian satu juta halaman.

Tahukah Anda sekarang Google lebih menyukai blogger yang mengutamakan user experience dan user engagement.
Google only love you when everyone else loves you first.-Wendy Piersall
Jadi sebaiknya buang jauh-jauh pikiran Anda untuk mengakali google kecuali Anda memang hacker handal dan memiliki ilmu yang sangat tinggi dalam bermain script, java, php, dan lainnya. Disamping hal yang sia-sia Anda lakukan bahkan bisa saja website Anda terkena hukuman dari google. Jadi perhatikan Apa yang Anda sajikan kepada pengunjung website Anda.

Panduan Seo Meningkatkan Peringkat Website

1. Pelajari Kebutuhan Orang Dan Carikan Solusi Yang Relevan Dalam Konten Anda

Apa Yang Sedang Dicari Orang? Temukan Solusi Yang Relevan!
Hampir setiap pengguna internet mencari apa yang mereka butuhkan dan ingin mendapatkan solusi dari masalah tersebut. Manfaatkan hal ini,tulis artikel yang relevan yang mengelilinginya untuk memutari kata-kata itu dalam search engine. Hasil dari pelajaran ini maka Anda bisa menacari tahu apa yang sering dicari orang dan Anda bisa menggunakan tool gratis dari google seperti google trends atau lebih premium seperti EZKeywords.

Selain menggunakan tool yang membantu Anda dalam mencari apa yang dibutuhkan dan mencari solusi yang relevan dalam konten Anda, disini Anda juga harus mengetahui 5 karakteristik konten yang banyak dicari orang.


2. Gunakan Alur Bahasa Yang Natural Dan Mudah Dipahami

Anda mengejar target SEO dengan artikel dengan gaya bahasa yang serampangan atau bahasa gaul yang tidak dipahami oleh google dan cenderung ingin mengakali google tentunya akan sangat sulit. Kini Google sudah mengetahui mana artikel yang mengandung artikel informasi bagus buat pengunjungnya atau hanya situs-situs yang penuh dengan konten sampah.Anda bisa membaca artikel 4 Trik Memposting Yang  Ramah Seo.

Maka dari itu sangat penting Anda memperhatikan kaidah penulisan bahasa yang natural dan mudah dipahami sehingga Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus yakni google menyukai artikel Anda dan pengunjung juga senang dalam membaca artikel Anda.

3.  Menggunakan Segmentasi Halaman Jelas (Navigasi)

Hindari penggunaan sidebar dan footer untuk konten yang tidak bermnfaat dan tidak penting. Namun tempatkan konten yang penting pada tempat yang paling mudah dilihat pembaca. Setiap halaman website memiliki bagian yang berbeda seperti header, side bar, footer dan lain-lain.


Konten yang diletakkan pada main body (tengah artikel) akan dianggap google sebagai konten utama sedangkan teks yang ada pada tempat lain merupakan hanya pendukung.jadi pastikan bahwa Anda meletakkan konten utama pada main body.

4. Perhatikan Konten Struktur Anda

Jangan Abaikan struktur konten Anda, Pahami dengan jelas navigasi website Anda. Atur header, paragraf, TOS, Sitemap, sehingga struktur website Anda jelas dan mesin pencari mengerti apa sebenarnya target topik Anda. Tentu saja, website profesional memiliki struktur yang bagus yang terdiri dari topik, bagian pendahuluan dan kesimpulan yang dibuat dengan susunan paragraf dan tata letak (lay out) yang lebih baik.


5. Riset Kata Kunci

Dalam setiap website satu hal yang sangat penting dalam membangun kredibilitas adalah riset kata kunci. karena semua hal yang berkaitan dengan seo dimulai dari riset kata kunci yang baik. Anda harus mengetahui kata kunci yang menjdi target, popularitas dan persaingan pada kata kunci tersebut. (Tips : Gunakan Google Keyword Planner atau EZKeywords)

Hindari melakukan riset hanya dengan satu kata kunci, namun lakukan dengan riset kata kunci yang berkaitan untuk mengelilingi kata kunci tersebut. Gunakan kata kunci sekunder yang terkait dengan kata kunci pilihan Anda.
Bagaimana mengetahui kata kunci sekunder yang bisa Anda pakai dalam mengelilingi kata kunci Anda.
Perhatikan kata-kata apa saja yang orang gunakan untuk membicarakan topik Anda.Selain kata-kata, frasa dan ungkapan apa saja yang mereka gunakan. Ada baiknya juga Anda menambah sinonim dari kata kunci target Anda untuk memperkaya konten Anda. Dengan milyaran pencarian setiap hari, Google banyak sekali memiliki informasi dan memberikan analisa yang setulnya apa yang dicari. Bahkan menrut riset google sendiri sinonim memiliki efektivitas 70% dalam pencarian.

Untuk mengatasi masalah ini Google menggunakan sinonimdan pencarian kata dalm jutaan frasa untuk memudahkan mesin pencari menemukan situs pengguna internet cari. Sebagai Contoh kata kunci Anda "Baju Anak" maka Anda bisa menggunakan variasi kata berikut ini :

"Baju Anak", "Baju Balita", "Pakaian Anak", "Pakaian Anak-Anak"

disini akan perbedaan yang mendasar dan nilai lebih dari perbedaan menggunakan satu kata kunci yang sama (strict keyword) dengan kata kunci variasi (Natural Varian) :


Selain Anda menggunakan tool Anda juga riset kata kunci tanpa tool, jika Anda ingin mengetahuinya baca Artikel :5 Cara Cepat Menemukan Ide Keyword Tanpa Tool/Software.

6. Jarak Semantik Dan Hubungan Antar Istilah

Berbicara tentang optimasi halaman website, hubungan antara kata-kata dan frasa yang berbeda pada konten tentunya tidak bisa kita lepaskan dari jarak semantik. Perbedaan ini diantaranya antar frasa dan fokus bagaimana hubungan antar istilah dintara kalimat dalam paragraf maupun dalam elemen html. Contohnya Anda bisa meletakkan baju anak dan piyama pada kalimat yang sama agar mesin pencari bisa mengerti bahwa kedua frasa ini saling terkait.

Perhitungan Jarak Semantik :


Beberapa mesin pencari mengatasinya dengan mengukur jarak antar kata-kata dan frasa yang berbeda, semakin dekat konsepnya secara semantik. Disamping itu elemen html juga memperpendek jarak antar konsep dan membuatnya lebih dekat.

7. Sisipkan Internal Link Dalam Artikel

Internal link dipakai bukan tujuan untuk trik mengerjai laman demi laman tapi lebih kepada menavigasikan penggguna agar laman lain dikunjungi.Arti lebih cocok untuk teknik internal link adalah menjelaskan 1 buah artikel dalam artikel itu sendiri. Seperti yang saya lakukan dalam artikel ini mengarahkan Anda untuk mempelajari beberapa teknik SEO lainnya dengan menyematkan link untuk Anda kunjungi.

Ketika laman lainnya Anda kunjungi maka poin akan diberikan pada artikel induk yang mengoper link ke halaman lainnya dengan begitu halaman lainnya juga akan terdongkrak page viewnya yang kemudian posisinya akan semakin baik di mesin pencari.

8. Manfaatkan Backlink

Seperti kita ketahui bahwa buat mendapatkankan traffik yang besar  kita harus mempunyai backlink.Tetapi mempunyai banyak backlink saja tidak cukup.Sebaiknya mempunyai backlink satu berkualitas menggunakan pagerank yang tinggi ketimbang backlink yg banyak namun hanya berasal website mungil serta tidak kentara yang bahkan mereka jarang buat update artikel di blog mereka sendiri.

Blog dofollow serta forum dofollow artinya cara terbaik menerima atribut dofollow serta yang membantu Anda untuk meningkatkan backlink dan  menyampaikan link cinta buat Anda. Link dengan blog pagerank tinggi atau forum yang baik buat blog Anda buat mempertinggi peringkat page google Anda. Khususnya, Bila Anda aktif dalam forum niche yg memungkinkan backlink dofollow, Anda tak hanya akan menerima link yg berkualitas ke situs Anda, namun Anda pula akan menerima lalu lintas yang ditargetkan. Anda bisa mencari backlink pada Daftar Forum Dofollow Buat Menaikkan Backlink.

9. Optimasi Penggunaan Gambar

Penggunaan gambar yang menarik tentu saja menarik minat pengunjung untuk membaca artikel Anda. Anda bisa memposisikan diri Anda sebagai pengunjung jika dari gambar saja menarik namun ada juga setelah melihat gambar yang menarik kemudian setelah melihat isi artikel berbeda mereka langsung pergi. Jadi usahakan gambar mewakili dari topik dari artikel yang Anda sajikan sehingga pengunjung menjadi calon pelanggan tetap artikel Anda selanjutnya.

10. Pemakaian Tag Heading

Penggunaan tag heading lebih mudah dmengerti ketika Anda mengartikannya sebagai judul kedua. Anak judul, Judul kecil. Tag heading digunakan biasanya untuk membedakan mana unsur utama dari artikel setelah judul utama dan digunakan untuk poin poin penjelasan.



Untuk bisa lebih mudah dimengerti perhatikan saja sebuah ebook disitu Anda dituntun dengan poin penjelasan sesuai dengan urutan agar pembaca mudah mengerti urutan tutorial dalam ebook itu sendiri.Bisa juga melihat contoh Dalam artikel ini  dengan memperhatikan kata  " Teknik " yang ter urut mulai dari awal hingga terakhir poin karena memang artikel ini harus menjelaskan judul utama mengatakan bahwa ini adalah panduan SEO untuk meningkatkan peringkat website.

Jadi lebih mengartikan bahwa kita menavigasikan pengguna atau mengarahkan pengguna mengenai apa saja yang perlu mereka lakukan.

11. Optimasi Label Blog

Label Blog merupakan kategori untuk artikel yang Anda buat.Untuk mendapatkan hasil terbaik dari upaya Anda melakukan teknik SEO ini sebaiknya label blog di buat 1 jenis saja sesuai dengan apa yang Anda bahas.Artinya artikel tersebut ditampung yang memiliki relevansi sama kedalam 1 label. Misalnya, Anda membahas mengenai Sepakbola maka labelnya isi di Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Belanda, Liga Indonesia dan seterusnya. Ini dimaksudkan agar artikel Anda nantinya saling terkait satu dengan yang lainnya.


12. Atur Permalink Anda

Apa yang sobat lakukan ketika selesai menulis artikel di blog? Ya pasti langsung tekan publish. Mungkin juga dibuat skedul penayangan dahulu. Hanya itu? Pernahkan Anda perhatikan pengaturan permalink artikel blog Anda? Pada tulisan kali ini kami akan coba bahas cara mengatur permalink artikel blogger.

Banyak blogger yang tak menyadari pentingnya permalink artikel. Padahal link artikel juga sangat mendukung agar artikel Anda cepat diangkat ke halaman pertama. Karena itu coba baca dan praktikkan pembahasan penting tentang mengatur permalink blogger kali ini

Manfaat Mengatur Permalink Artikel Untuk SEO
Tujuan utama mengatur permalink sebuah artikel adalah untuk mesin pencari. Sebelum lebih dalam merayapai sebuah blog, mesin pencari lebih dulu mengenali tautan artikel. Cara kerjanya begini, robot pada mesin pencari akan menilai 2-3 kata pokok yang tersemat dalam link/tautan artikel. Dengan 3 kata itu mesin sudah memahami arah dan isi dari url.

Oleh karenanya ketika permalink artikel dibiarkan default maka mesin Google tak akan menangkap isi artikel tersebut sehingga sulit muncul di halaman pertama pencarian. Sudah paham kan pentingnya permalink sebuah artikel? Untuk lebih lengkapnya Anda bisa baca di Cara Mengatur Permalink Artikel Blog.

13. Deskripsi Blog

Deskripsi blog juga cukup penting untuk menjelaskan apa isi dari website yang Anda miliki, setidaknya ada rangkuman dari isi website yang Anda miliki. Hal ini juga bisa Anda isi pada html sehingga lebih memperkuat posisi Anda di mesin pencari.

14. Konten Pilar

Tahukah bahwa dari 100 artikel yang Anda buat dan isi dalam blog anda sebaiknya memiliki setidaknya 10 konten pilar sebagai pondasi yang akan memperkuat blog anda . Apa maksudnya ? Konten tersebut seharusnya anda kaitkan satu sama lain 1/10  sehingga saling berhubungan dan akhirnya akan menjadi kata kunci kuat untuk blog anda namun, harus ada 1 Artikel utama diantara 10 yang menjadi patokan membawahi 9 artikel lainnya .

Saat Anda memiliki 100 artikel maka sebaiknya Anda sudah memiliki 10 Artikel utama sebagai  kata kunci pokok yang akan sering dirayapi mesin pencari . Beberapa waktu silam saya sempat berbagi cara menggunakan internal link Cara optimasi seo agar menjaga bouncing blog tidak gendut , mendapatkan page view yang banyak dan lebih mengoptimalkan populernya sebuah artikel karena sering mendapatkan kunjungan.

15. Maksimalkan Penggunaan Social Media

Nah setelah semua selesai ini saatnya Anda memposting Artikel, Kemudian lakukan Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel. Gunakan Media Sosial Untuk membantu Seo Anda Karena tidak jarang artikel blog dibaca karena ditemukan dari media sosial.

Nah ini lah sedikit ilmu SEO yang saya miliki yang hanya sedikit karena saya juga baru dalam dunia blogging. Anda dapat mencari lagi nantinya didalam blog ini dan terus ikuti dan tambahkan melalui komentar dibawah artikel. Semoga kita terus bersemangat dalam dunia blogging.
 



 






 






Panduan Seo Meningkatkan Peringkat Website Reviewed by Andi Leangle on Januari 06, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belajar Seo Dan Link © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.